HAFIDZ CILIK: POLA ASUH DAN MODEL PENDIDIKAN DINI HAFIDZ CILIK DI KELURAHAN KARAMPUANG KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR

Andi Pawellangi(1), Ashari Ismail(2*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/prd.v1i1.14947

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pola Asuh Hafidz Cilik, 2) Model Pendidikan Dini Hafidz Cilik yang dapat menumbuhkan Hard Skill dan Soft Skill bagi Hafidz Cilik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Pola Asuh Hafidz Cilik: 1) interaksi antar anggota keluarga, 2) pengenalan nilai positif dan negatif, 3) bentuk berpikir (mind set), 4) internalisasi nilai-nilai, 5) tingkah laku, 6) kaidah-kaidah (kepercayaan, kesusilaan, kesopanan, dan hukum). b) Model Pendidikan Dini Hafidz Cilik yang dapat menumbuhkan hard skill dan soft skill bagi hafidz cilik ialah Metode Keteladanan (Uswah), hard skill berupa kemampuan membaca dan menghafalkan Al Quran. Soft skill berupa  kemampuan berkomunkasi, berperilaku baik,  disiplin dan mempunyai daya ingat yang kuat.

 

Kata Kunci : Pola asuh, Hafidz cilik, Model pendidikan dini.


Full Text:

PDF

References


A.Azimul, Hidayat. (2008). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika

Alfiana, Ester. (2013). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak dalam Keluarga pada Bidang Pendidikan.

Anwar dan Adang. 2013. Sosiologi Untuk Universitas (Cetakan Kesatu). Bandung: PT Refika Aditama.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariesto Hadi Sutopo dan Adrianus Arief. 2010. Terampil Mengolah Data Kualitatif dengan NVIVO. Jakarta

Arini Hidayah. (1998). Televisi dan Perkembangan Sosial Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, hal. 45

Basir, S. (2011). Soft Skill VS Hard Skill. Jakarta Timur: Kantor Ankuntan Publik Syarief Basir dan Rekan.

Baurind Santrock. (1998). Perkembangan Sosial dan Proses Keluarga.

Baumrid, D. (1967). Child Care Pratices Anteceding Three Patterns of Preschool Behavior. Genetic Psychology Monographs, 75 (1). 43-88

B.R. Hergenhahn & Matthew H. Olson. 2010. Theories of Learning (Teori Belajar), alih bahasa: Tri Wibowo B.S., III, Jakarta: Prenada Media Group. 325

Bukhari Umar. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah

Departemen Kesehatan RI. (2005). Pedoman Pelaksanaan Simulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak.

Departemen Kesehatan RI. (2009). Asuhan Kesehatan Anak dalam Konteks Keluarga

Depdikbud. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. Ke-15. Jakarta: Bulan Bintang, hal. 692

Elizabeth, B. Hurlock. (1995). Perkembangan Anak Jilid II. Jakarta: Erlangga

Zul Fajri, Ratu Aprilia Senja. (2000). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Difa Publisies.

Fathul-Bari, Kitab al-janaiz III/219, hadits no. 1358, 1359, dan Shahih Muslim Syarh Nawawi, tahqiq: Khalil Ma‟mun Syiha, XVI/423 dst, hadits no. 6697.

Goleman, Daniel. (1997). Mengapa EL lebih penting daripada IQ. Edisi 6. Sun. Jakarta.

Islami, Faizal Alam. (2012). Analisis Pengaruh Hard Skill, Soft Skill dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Penjual.

Jamal Abdurrahman. (2010). Islamic Parenting. Pendidikan Anak Metode Solo. Penerbit: AQWAM.

Map data ©2019. Google

Muallifah. (2009). Pscho Smart Parenting.

Muhammad Yaumi dan Nurdin Ibrahim. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak-mengidentifikasi dan Mengembangkan Multi talenta Anak. Jakarta: Pranamedia Group

M. Ngalim Purwant, MP. (2004). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

M. Sitorus. (2003). Berkenalan dengan Sosiologi 1 untuk siswa SMU kelas 2. Erlangga. Jakarta, hal. 12

Papalia, D.E. (2004). “Human Development”,(9thed). Mc Graw Hill, New York.

Pemerintah. (2019). Kelurahan Karampuang.

Peraturan Daerah Kota Makassar. No. 3. Tahun 2009. Tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kota Makassar.

Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2005. Tentang Kelurahan.

Ramadhan, M. (2012). Metode Keteladanan (Uswah) Dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Riwayat Hadist. Hakim 1/756 dan dihasankan Al-Abani


Article Metrics

Abstract view : 160 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.