Penerapan Model Pembelajaran SDL dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Bawakaraeng
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v5i1.62034
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Self Directed Learning (SDL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran IPS di SD Inpres Bawakaraeng. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas V SD Inpres Bawakaraeng pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pada Siklus I, hasil pengamatan menunjukkan keterlaksanaan model SDL sebesar 66,0% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus ini menunjukkan bahwa 65,4% siswa mencapai ketuntasan belajar. Namun, hasil ini belum memenuhi kriteria ketuntasan klasikal sebesar 75%. Refleksi dari Siklus I menunjukkan beberapa perbaikan yang diperlukan, termasuk pengelolaan waktu yang lebih baik dan peningkatan kepercayaan diri siswa. Pada Siklus II, keterlaksanaan model SDL meningkat menjadi 72,5%, dan hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan ketuntasan menjadi 80,7%. Data ini menunjukkan bahwa penerapan model SDL secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan keterlaksanaan dan hasil belajar siswa membuktikan bahwa model pembelajaran SDL tidak hanya meningkatkan keterampilan kognitif, tetapi juga aspek afektif dan psikomotorik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SDL pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Bawakaraeng. Hal ini terlihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Peningkatan hasil belajar menunjukkan efektivitas model SDL dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendorong kemandirian dan partisipasi aktif siswa.
Full Text:
PDFReferences
Abduloh, S. P., Suntoko, M. P., Purbangkara, T., & Abikusna, A. (2022). Peningkatan dan pengembangan prestasi belajar peserta didik. uwais inspirasi indonesia.
Abidin, A. M. (2019). Kreativitas guru menggunakan model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 225–238.
Akib, R., & Uluelang, K. (2019). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Self-Directed Learning (SDL) Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(2), 74–81.
Alfania, G. T., Nuraeni, A. N., Mursidah, R. R., Kurniawan, I., & Ajid, R. M. (2023). Strategi Perencanaan dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 185–194.
Geng, S., Law, K. M. Y., & Niu, B. (2019). Investigating self-directed learning and technology readiness in blending learning environment. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1–22.
Morris, T. H. (2019). Self-directed learning: A fundamental competence in a rapidly changing world. International Review of Education, 65(4), 633–653.
Mujahida, M. (2019). Analisis perbandingan teacher centered dan learner centered. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(2), 323–331.
Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2023). Belajar dan pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Samini, S., Trisiana, A., & Jumanto, J. (2023). Analisis Penerapan Model Self Directed Learning Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Di SDN 01 Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal on Education, 6(1), 7941–7959.
Sani, R. A. (2022). Inovasi pembelajaran. Bumi Aksara.
Sidmewa, A. A. N., Susanti, Y., & Putra, R. A. (2021). Pengaruh Model Self Directed Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 197–206.
Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Dinata, Z. P., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur kualitas pendidikan di Indonesia. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 1(1), 18–22.
Wardani, A. D., & Gunawan, I. (2023). Mendiagnosis Masalah Belajar Siswa dalam Konteks Menajemen Kelas: Bagaimana Pengajaran Guru Mereduksinya? JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 6(1), 50–65.
Article Metrics
Abstract view : 43 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muh Zefri Awal, Musfirah Musfirah, Nur Aisyah
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/