Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas V

Sukma Arfillah Jasman(1*), Herlina Herlina(2), Nur Eviyanthi Djalil(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN 526 Buntu Kamiri
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v5i1.57958

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar muatan Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas VA dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas VA di SDN 526 Buntu Kamiri. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar muatan Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari 59,82 pada siklus I menjadi 78,57 pada siklus II. Selain itu, persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal juga meningkat dari 60,71% pada siklus I menjadi 82% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VA SDN 526 Buntu Kamiri.

 


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2020. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar.” PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):35–44. doi: 10.31851/pernik.v3i2.4839.

Cahyono, I. Ketut Somoarta, and Ni Wayan Rati. 2021. “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia) Siswa Kelas III.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 4(2):209–18. doi: 10.23887/jippg.v4i2.35753.

Hidayah, Okhtafiana Nor, Joko Suliantio, and Yeni Susilowati. 2023. “Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 SDN Sitirejo.” 1815–25.

N.K. Mardani, N.B. Atmadja, and I.N.Suastika. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips.” Jurnal Pendidikan IPS Indonesia 5(1):55–65. doi: 10.23887/pips.v5i1.272.

Rerung, Nensy, Iriwi L. .. Sinon, and Sri Wahyu Widyaningsih. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha Dan Energi.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 6(1):47–55. doi: 10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597.

Saputra, Yuda Ardi, and Ayu Rizki Susilowati. 2021. “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jurnal Holistika 5(2):96. doi: 10.24853/holistika.5.2.96-103.

Tyas, Retnaning. 2017. “Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika.” Tecnoscienza 2(1):43–52.

Yusita, N. K. Pebry, N. W. Rati, and D. P. Pajarastuti. 2021. “Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia.” 4(2):174–82.


Article Metrics

Abstract view : 88 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sukma Arfillah Jasman, Herlina Herlina, Nur Eviyanthi Djalil

---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pjpgsd@unm.ac.id

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

 

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats


Web Analytics Web Analytics