Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V

Nurlaeli Abdullah(1*), Syamsuryani Eka Putri Adjo(2), Hasriyanti Hasriyanti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Bontokamase
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i2.57916

Abstract


Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berbicara yang belum memenuhi standar ketuntasan yang ditetapkan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V dengan jumlah 31 siswa. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan tes berbicara. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dengan statistik dekskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan berbicara dengan menggunakan model pembelajara Problem Based Learning (PBL) pada siklus I yaitu 58% dan siklus II 74%. Dan aktivitas siswa siklus I yaitu 83% dengan kategori aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat baik dan siklus II 93% dengan kategori aktivitias siswa dalam pembelajaran sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SD Negeri Bontokamase.

Full Text:

PDF

References


Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14, 9–18.

Darmadi. (2022). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Devi Riki Astriani. (2018). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Namben Lauk. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi.

Endang Sari, S., & Studi Pendidikan Profesi Guru Bidang Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA kelas V SD. Pinisi Journal PGSD (Vol. 3).

Hanifah, N. (2019). Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya. Bandung: UPI PRESS.

Henny Pustpitarini. (2019). Membangun Rasa Percaya Diri Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Prawiyogi, & H. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture and Picture dalam Pembelajaran Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 3.

Sanjaya, W. (2018). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sarah May. (2021). Meningkatkan Sikap Percaya Diri Melalui Model Problem Based Learning Tipe STAD dalam Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas Materi Peninggalan-Peninggalan Sejarah dari Masa Hindu Budha dan Islam di Indonesia pada Siswa Kelas V SDN Gumuruh 8 Bandung). Bandung: Universitas Pasundan.

Sioja, P., & Aras, L. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 63 Kandoa. Pinisi Journal PGSD.


Article Metrics

Abstract view : 107 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurlaeli Abdullah, Syamsuryani Eka Putri Adjo, Hasriyanti Hasriyanti

---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pjpgsd@unm.ac.id

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

 

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats


Web Analytics Web Analytics