Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VI Di SDI Tanakaraeng
(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) GURU SDI TANAKARAENG
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i2.57831
Abstract
Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas siswa pada kelas VI SD Inpres Tanakaraeng, Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian yatu penerapan model project based leaning dan pengingkatan kreativitas peserta didik. Subjek penelitian ini yaitu 1 guru kelas dan 15 peserta didik kelas VI. Rancangan tindakan dalam penelitian ini terdiri atas dua siklus yang masing masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Project Based Learning oleh guru dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berada pada kategori baik, untuk siklus I dan siklus II. Perkembangan keterampilan peserta didik peserta didik pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Project Based Learning telah meningkatkan kreativitas peserta didik pada kelas VI SD Inpres Tanakaraeng, Kabupaten Gowa.
Full Text:
PDFReferences
Beetlestone, Florence. (2011). Creative Learning. Bandung: Nusa Media
Facette, Fersita Felicia. (2018). “Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Buat Lima Kompetensi”. Jakarta: Jawa Pos, 2 Mei 2018.
Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 71-76
Munandar, Utami. (2006). Kretifitas dan Keberbakatan, Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat: Jakarta: Gramedia
Parwati, N. N. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers
Supriyanto, Dkk (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64.
Surya, A. P., Dkk (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6, 43.
Wena, Meda. (2015). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporar. Jakarta: Bumi Aksara.Grant
Article Metrics
Abstract view : 46 times | PDF view : 12 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nur isna, Syamsuryani Eka Putri Atjo, ISRA WATI
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/