Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif

Ayu Juliastrid. A(1*), Bastiana Bastiana(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i3.57823

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV khususnya pada mata pelajaran PPKn. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media Powerpoint interaktif pada siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Antang I. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IV, dengan jumlah siswa 27 orang terdiri dari 15 orang perempuan dan 12 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa serta nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Adapun pencapaian pada siklus I, aktivitas guru dan siswa berada pada kategori cukup, sedangkan pada pencapaian siklus II, aktivitas guru dan siswa berada pada kategori baik. Tes hasil belajar PPKn siswa pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Powerpoint interaktif dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Antang I.

Full Text:

PDF

References


Aprilia, W. (2020). Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum. Islamika, 2(2), 208–226. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.711

Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2015). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Baderan, J. K. (2019). Pengembangan Soal High Order Thinking (Hot) Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Vi Sd. Pedagogika, 9(2), 152–178. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i2.63

Bahtiar, B. N., Basri, S., & Sarira, D. (2023). Penerapan Model PBL Menggunakan Media Powerpoint Interaktif Untuk. Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 1214–1219.

Handayani, H. R., & Muhammadi. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Melatih Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendiidkan Tambusai, 4(2), 1494–1499. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.615

Kudsiyah, S., & Harmanto. (2017). Pengembangan Multimedia Powerpoint Interaktif Materi Tata Urutan Peraturan Perundang-undangan Nasional Kelas VIII D SMPN 1 Jabon. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/kmkn.v5n01.p%25p

Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549

Oktariza, N., & Muhammadi, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 216–227.

Pagarra, H., Bundu, P., Irfan, M., Raihan, S., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, F. I., & Makassar, U. N. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Berbasis Tes Dan Penugasan Online. Jurnal Pemikiran, Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 10(3), 260–265. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.16069

Septiana, T. S., & Kurniawan, M. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sd Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/ 2017. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 94. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.74

Sukaptiyah, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar PKN Melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Mongkrong, Wonosegoro. Scholaria, 5(1), 114–121. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p114-121

Sunardi, S. (2018). Optimalisasi Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas. Phedheral, 15(1), 11. https://doi.org/10.20961/phduns.v15i1.50574

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92

Zuhdi, F., Khairunnisa, K., & Jiwandono, I. S. (2021). Pengaruh Metode Group Investigation terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Muatan Materi PPKn di Kelas V SDN 2 Kalijaga. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 44–54. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/49668


Article Metrics

Abstract view : 50 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ayu Juliastrid. A, Bastiana Bastiana

---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pjpgsd@unm.ac.id

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

 

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats


Web Analytics Web Analytics