Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV

Ayu Juliastrid. A(1*), Nasaruddin Nasaruddin(2), Hamzah Pagarra(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i2.57770

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN No. 72 Bontoloe Takalar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran Think Pair Share, gambaran kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk desain penelitian yaitu non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup model pembelajaran dan variabel terikat mencakup kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN No. 72 Bontoloe Takalar, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil uji hipotesis melalui independent sample t test diperoleh nilai probabilitas lebih kecil dari nilai signifikansinya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik siswa kelas IVA SDN No. 72 Bontoloe Takalar.


Full Text:

PDF

References


Fitriani, N., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Adaptasi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. 1(1), 21–30.

Hanifah, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas V SD Negeri Prapag Kidul 03. JGK (Jurnal Guru Kita), 2(4), 39–48.

Huda, M. (2018). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Riffyanti, L., & Setiawan, R. (2017). Analisis Strategi Langkah Mundur dan Bernalar Logis dalam Menentukan Bilangan dan Nilainya. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(1), 115–127.

Ritonga, C. E. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan PemecahanMatematis siswa di SMP N 3 Angkola Selatan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(2), 23–35.

Riwayanti, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1, 102–109.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syahwi, S. A., Muhiddin, N. H., & Ramlawati, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terintegrasi Praktikum Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal IPA Terpadu, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.11295

Winantara, I. W. D., & Jayanta, I. N. N. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Tps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd No 1 Mengwitani. Journal of Education Action Research, 1(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12047


Article Metrics

Abstract view : 42 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ayu Juliastrid. A, Nasaruddin Nasaruddin, Hamzah Pagarra

---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pjpgsd@unm.ac.id

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

 

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats


Web Analytics Web Analytics