Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i2.57770
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN No. 72 Bontoloe Takalar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran Think Pair Share, gambaran kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk desain penelitian yaitu non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup model pembelajaran dan variabel terikat mencakup kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN No. 72 Bontoloe Takalar, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil uji hipotesis melalui independent sample t test diperoleh nilai probabilitas lebih kecil dari nilai signifikansinya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik siswa kelas IVA SDN No. 72 Bontoloe Takalar.
Full Text:
PDFReferences
Fitriani, N., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Adaptasi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. 1(1), 21–30.
Hanifah, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas V SD Negeri Prapag Kidul 03. JGK (Jurnal Guru Kita), 2(4), 39–48.
Huda, M. (2018). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Riffyanti, L., & Setiawan, R. (2017). Analisis Strategi Langkah Mundur dan Bernalar Logis dalam Menentukan Bilangan dan Nilainya. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(1), 115–127.
Ritonga, C. E. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan PemecahanMatematis siswa di SMP N 3 Angkola Selatan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(2), 23–35.
Riwayanti, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1, 102–109.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syahwi, S. A., Muhiddin, N. H., & Ramlawati, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terintegrasi Praktikum Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal IPA Terpadu, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.11295
Winantara, I. W. D., & Jayanta, I. N. N. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Tps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd No 1 Mengwitani. Journal of Education Action Research, 1(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12047
Article Metrics
Abstract view : 42 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ayu Juliastrid. A, Nasaruddin Nasaruddin, Hamzah Pagarra
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/