Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perubahan Wujud Benda tentang Muatan IPA di Kelas V UPT SD Negeri 166 Pinrang

Rini Angreni(1*), Muhammad Asrul Sultan(2), Muhammad Asrul Sultan(3), Hajrah Jafar(4), Hajrah Jafar(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) UPT SDN 166 Pinrang
(5) UPT SDN 166 Pinrang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i2.57690

Abstract


Studi ini mengkaji penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar tentang muatan IPA kelas V UPT SD Negeri 166 Pinrang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar muatan IPA siswa di kelas V UPT SD Negeri 166 Pinrang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan proses dan hasil belajar tentang Muatan IPA di kelas V UPT SD Negeri 166 Pinrang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 13 orang siswa dan seorang guru kelas di UPT SD Negeri 166 Pinrang. Penelitian ini fokus pada proses dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi guru dan siswa, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada siklus I hasil observasi guru berada pada kategori cukup (C), untuk hasil observasi siswa berada pada kategori cukup (C) dan hasil tes belajar siswa menunjukkan ketuntasan 30,76% dari nilai rata-rata 69,23. Pada siklus II hasil observasi guru berada pada kategori baik (B), untuk hasil observasi siswa berada pada kategori baik (B) dan hasil tes belajar siswa menunjukkan ketuntasan 84,61% dari nilai rata-rata 85,38. Kesimpulannya yaitu peneitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tentang muatan IPA di kelas V UPTD SD Negeri 166 Pinrang.

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta : Kencana.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi : CV Jejak.

Arisnandar, Abdul Hakim, dan Nur Ilmi. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Education Vol. 1(1): 170–84.

Hasnah, H., Fajar, F., & Syafruddin, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 57 Parepare. Publikasi Pendidikan, 7(2), 114–118.

Ilmi, N. (2021). Analisis Pragmatik Imperatif Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. JIKAP PGSD. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 154–160.

Israwaty, I., & Syam, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Pendekatan STEM Berbasis PJBL Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 65 Parepare. Seminar Nasional Hasil Penelitian, 702-713.

Kosasih, Aden Muhammad, dan Sri Mulyani. 2017. Perapan Model Cooperative Tipe Team Accelerated Intruction (TAI) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peseta Didik Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.2(2).

Nugraha, Muh Irfan, Ritha Tuken, Abdul Hakim. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Project Besed Leasring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Education. Vol 1(2).

Yulia, Shasliani &,Isnawati.(2020) penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Savi (Somatic,Auditory,Visual Intelectualy) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa IV UPTD SDN 106 Pinrang.Jurnal Publikasi Pendidikan ,Vol.20(30),:1-9

Suprayitno, A. (2020). Menyusun PTK Era 4.0. Yogyakarta : Deepulish Publisher.

Yulianto, Aris, A Fatchan, and I Komang Astina. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 2(3): 448–53.


Article Metrics

Abstract view : 47 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rini Angreni, Muhammad Asrul Sultan, Muhammad Asrul Sultan, Hajrah Jafar, Hajrah Jafar

---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pjpgsd@unm.ac.id

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

 

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats


Web Analytics Web Analytics