Implementasi Media Pembelajaran Digital Seni Musik Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD

Nany Khadijah(1*), Abdul Latief(2), Asriani Asriani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Al-Asyariah Mandar
(3) SD Negeri No. 6 Kampung Baru
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v5i1.57678

Abstract


Pada penelitian ini terdapat permasalahan yaitu rendahnya minat belajar siswa kelas V khususnya pada mata pelajaran Seni Musik dikarenakan media pembelajaran yang digunakan menoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan minat belajar siswa dengan mengimplementasikan media pembelajaran digital dalam materi seni musik. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V di SD Negeri No. 6 Kampung Baru Tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 15 siswa Laki-laki dan 13 siswa Perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Room Assesment). Dalam mengumpulkan data instrument yang digunakan adalah lembar observasi terlaksananya pembelajaran yang terdiri dari aktifitas guru dan aktifitas siswa, angket respon siswa, dan tes hasil belajar di setiap siklus. Analisis yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk memperoleh data yang diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital dapat meningkatkan minat atau motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri No. 6 Kampung Baru hal ini terlihat pada siklus I masih terdapat pada kategori rendah secara klasikal belum maksimal. Sedangkan di siklus II telah maksimal dan berada dalam kategori tinggi atau sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Adnyana, K. S. (2023). Edukasi : Jurnal Pendidikan Dasar Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada. 4(1), 61–70.

Gagne amd Briggs.L.J. 1979. Principles Of Instructional Design. New York : HoltRinehart and Winston.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1237

Khasanah, R., Virgayantie, D. A. M., & Dewi, N. R. (2023). Peningkatan motivasi dan hasil belajar ipa melalui metode opic berbantuan phet. 580–593.

Maliasih, Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371

Pada, A. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Tipe Model Pembelajaran Tgt. Journal Of Teacher Professional, 3(April), 662–665. Https://Doi.Org/10.26858

Restu Kurnia, I., & Titin Sunaryati. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1357–1363. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579


Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nany Khadijah, Abdul Latief, Asriani Asriani

---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pjpgsd@unm.ac.id

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

 

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats


Web Analytics Web Analytics