Peningkatan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas IV SD Negeri 5 Amputtang

Ririn Maharani(1*), Asrul Sultan(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i2.57607

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan upaya yang dilakukan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa; dan (2) menerapkan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Ini dengan proyek penelitian tindakan kelas. Wawancara dan observasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Dua belas siswa kelas IV SD Negeri 5 Amputtang dijadikan sebagai subjek penelitian. Analisis kuantitatif dan kualitatif merupakan metode analisis data yang digunakan. Temuannya menunjukkan: (1) orientasi masalah; (2) organisasi kemahasiswaan; (3) membimbing investigasi; (4) mengembangkan dan menyajikan data; dan (5) analisis dan evaluasi. Rata-rata aktivitas siswa meningkat dari 33,3% pada kondisi awal menjadi 67% pada siklus I dan 75% pada siklus II, serta nilai rata-rata kondisi awal menjadi 69,25 pada siklus I dan 78,75 pada siklus II dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zaenal. 2006. Penelitian TIndakan Kelas.Bandung: Yrama Widya

Arikunto, Suhasimi dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Bumi Aksara

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia

Isnaeni, Umi Hajar. 2016. Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar PKn Menggunakan Model PBL untuk Siswa Kelas III SD Negeri Plaosan 1. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan.Jakarta: Raja Grafindo Persada

Winanti, Casula Ambar. 2016.Peningkatan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas IIIA Materi Perkalian dan Pembagian Melalui Pembelajaran PBL di SD Negeri Denggung.Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Prenada Media Group

Santosa,A.W., Amelia, M. A., & Sarwi, M. (2022). Peningkatan keaktifan dan Hasil belajar IPA dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kelas V SD Nrgeri Sudirmoro 2 Tahun Ajaran 2021/2022. Teaching: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 234-239.

Yamin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press


Article Metrics

Abstract view : 55 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ririn Maharani, Asrul Sultan

---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pjpgsd@unm.ac.id

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

 

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats


Web Analytics Web Analytics