Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita FPB dan KPK Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas V SD

Murniati Murniati(1*), Abdul Rahman(2), Syafruddin Syafruddin(3),

(1) Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i2.57603

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap penyelesaian soal cerita tentang FPB dan KPK dengan mengggunakan pendekatan matematika realistik di sekolah dasar. Penelitian Tindakan Kelas adalah metode penelitian yang digunakan. Sebanyak 12 siswa kelas V SDN 280 Ongkoe mengikuti penelitian ini. Observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai teknik dan proses pengumpulan data dalam penelitian. Dalam analisis data digunakan prosedur analisis data kualitatif, seperti (a) menyelidiki data; (b) penyajian data; (c) penarikan kesimpulan; dan (d) verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang FPB dan KPK terbukti dengan persentase 75% dengan kualifikasi Baik (B) termasuk dalam kategori tidak tuntas pada Siklus 1, dan 91,67 % dengan kualifikasi sangat baik (SB) dalam kategori tuntas pada Siklus 2, sebagaimana ditunjukkan perbandingan siklus 1 dan siklus 2 serta indicator  keberhasilan dinyatakan bahawa pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap penyelesaian soal cerita tentang FPB dan KPK dengan mengggunakan pendekatan matematika realistik di SDN 280 Ongkoe.


Full Text:

PDF

References


Depdikbud. 2021. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi.

Inganah, Siti. 2020. Model Pembelajaran Segiempat dengan Pendekatan Realistak Pada Siswa Kelas II SLTP Negeri 3 Batu (Tesis). Malang: Universitas Negeri Malang

Soedjadi, R. 2019. Pembelajaran Matematika Berjiwa RME. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Suherman, Erman, dkk. 2020 Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Tarigan, Daitin. 2019. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan

Yuwono, I. 2019 Pembelajaran Matematika Secara Membumi. Universitas Negeri Malang, Depdiknas


Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Murniati Murniati, Abdul Rahman, Syafruddin Syafruddin

---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pjpgsd@unm.ac.id

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

 

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats


Web Analytics Web Analytics