Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 2 di UPT SD Negeri 35 Leange
(1) Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SD Negeri 35 Leange
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i3.57599
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 di UPT SD Negeri 35 Leange dengan menggunakan media gambar. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Data yang dikumpulkan diperoleh melalui Observasi dan tes setiap akhir siklus. Metode yang digunakan pada peneliti kali ini yakni metode deskripsi, komunikatif dan kualitatif. Rumusan hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah ; apabila proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media gambar, maka kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 2 di UPT SD Negeri 35 Leange dapat ditingkatkan. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa melalui media gambar kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 di UPT SD Negeri 35 Leange dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat melalui ketuntasan siklus pertama diketahui bahwa siswa yang dinyatakan tuntas 15 orang dengan presentase 71,03 % dengan nilai rata-rata 71, yang dijadikan acuan dalam penelitian ini sehingga perlu dilanjutkan pada siklus kedua. Setelah dilkakukan siklus kedua diketahui bahwa siswa yang tuntas 26 orang siswa dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 100 % dengan nilai rata-rata 80. Dari hasil yang diperoleh peneliti mampu menyimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar di kelas 2 UPT SD Negeri 35 Leange mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad. 2021. “Peningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Media Gambar Untuk Kelas 2 Pada Sdn 93 Palembang.” PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):43–51. doi: 10.31851/pernik.v4i1.6796.
Irdawati, Yunidar, and Darmawan. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 Di Min Buol.” Jurnal Kreatif Tadulako Online 5(4):1–14.
Martiana, T., and G. D. S. Rahayu. 2021. “Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDN 009 Cikadut Dengan Menggunakan Pendekatan Teknik Permainan Melengkapi Cerita.” COLLASE: Creative of Learning Students Elementary Education 4(3):436–44.
Suleman, Dajani, Yatun R. Hanafi, and Abdul Rahmat. 2021. “Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7(2):713. doi: 10.37905/aksara.7.2.713-726.2021.
Yani, Sri Ayu Merlinda, Khairun Nisa, and Heri Setiawan. 2021. “Analisis Faktor Penghambat Membaca Kelas 2.” Primary Education Journal 2:136–46.
Article Metrics
Abstract view : 57 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ainul Fitra, Widya Karmila Sari Achmad, Widya Karmila Sari Achmad, Nurwahida Nurwahida, Nurwahida Nurwahida
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/