Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 001 Campalagian
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri 001 Campalagian
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i2.57289
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 001 Campalagian. Deskripsi fokus pada penelitian ini berupa proses dan hasil belajar. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelakanaan, observasi dan refleksi. Agar dapat mengetahui tingkat presentase keberhasilan siswa, dengan menggunakan lembar observasi dan menggunakan lembar tes hasil belajar disetiap siklus. Adapun subjek pada penelitian ini yaitu guru (peneliti) dan siswa kelas V yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Berdasarkan data yang diperoleh setelah melaksanakan siklus I dan siklus II, diperoleh bahwa pada siklus I aktivitas guru dikategorikan baik (B), aktivitas siswa dikategorikan baik (B), dan ketuntasan hasil belajar siswa dikategorikan cukup (C). Siklus II aktivitas guru dikategorikan baik sekali (A), aktivitas siswa dikategorikan baik sekali (A), dan ketuntasan hasil belajar siswa dikategorikan baik sekali (A). Hal ini menunjukkan bahwa proses dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 001 Campalagian setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning mengalami peningkatan yang signifikan.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara
Astuti, P. H. M., Bayu, G. D., & Aspini, N. N. A. 2021.Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 243-250.
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, H. E. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Matematika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3 (2), 71-78.
Hermuttaqien, B. P. F., Aras, L., & Lestari, S. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kognisi: Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 16-22.
Husnidar & Hayati, R. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2 (2), 67-72.
Nurdyansyah, & Fahyuni, F. E. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Nizamia Learning Center.
Surya, Y. F. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 016 Langgini Kabupaten Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 38-53.
Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. PT Raja Grafindo Persada.
Utami, N. B., Kristin, F., & Anugraheni, I. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dan Berpikir Krtitis Siswa Kelas 4 SD. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 8(1), 33-40.
Article Metrics
Abstract view : 44 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nurlinda Nurlinda, Syamsuryani Eka Putri Atjo, Surniwati Surniwati
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/