Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Liska Liska Zhafirah(1*), Bastiana Bastiana(2), Hariani R(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makssar
(3) UPTD SPF SDN 25 Madello
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i2.57197

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V UPTD SPF SDN 25 Madello Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V UPTD SPF SDN 25 Madello. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Adapun subjek penelitian adalah peserta didik kelas V UPTD SPF SDN 25 Madello yang berjumlah 13 peserta didik dengan materi pokok bilangan pecahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan peserta didik maupun pada hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V UPTD SPF SDN 25 Madello Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

Full Text:

PDF

References


Agustami, Aprida, V., & Pramita, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 3(1), 224–231. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2017

Kebudayaan, P. dan. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22.

Susanto, A. (2019). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. kencana. In Jakarta: Prenada Media Group.

Nurhannisa, T. D., & Imswatama, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran RME untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prosidig Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI (pp. 349-356). Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Putri, D. P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 75–100.

Rosneli, M. R., Fadhilaturrahmi, & Hidayat, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Sekolah Dasar. Journal On Teacher Education, 1(1), 70-78.

Rosyada, T. A., Sari, Y., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 116-123.

Tajuddin, F. (2017). Skripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Widana, I. W. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450-462.


Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Liska Liska Zhafirah, Bastiana Bastiana, Hariani R

---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pjpgsd@unm.ac.id

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

 

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats


Web Analytics Web Analytics