Peningkatan Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas V Menggunakan Model Pembelajaran Inquiri
(1) Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Uptd SD Negeri 79 Barru
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i2.56892
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS siswa Kelas V menggunakan model pembelajaran Inquiri materi cahaya dan bunyi siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada proses dan hasil belajar IPAS materi cahaya dan bunyi siswa kelas V menggunakan model pembelajaran Inquiri. Metode pengumpulan data yang diterapkan mencakup observasi, tes, dan dokumentasi. Partisipan penelitian terdiri dari guru kelas dan 16 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, hasil penelitian menunjukkan bahwa kualifikasi aktivitas guru dalam proses pembelajaran dari segi observasi berada pada tingkat baik (B), sementara aktivitas siswa berada pada tingkat cukup (C), dan hasil tes belajar menunjukkan kualifikasi kurang (K). Sedangkan pada siklus kedua, hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan, di mana kualifikasi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran mencapai tingkat baik (B), dan hasil tes belajar juga berada pada tingkat baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPAS siswa kelas V.
Full Text:
PDFReferences
Hakim, A. L. (2023). Literasi Dan Model Pembelajaran: Kunci Terampil di Era Revolusi 4.0. Penerbit Adab.
Hidayat, R. & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya.” Medan : Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Juhji. (2016). Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62.
Maryono, M. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), Article 1.
Miranda, A. (2018). Motivasi berprestasi & disiplin peserta didik serta hubungannya dengan hasil belajar. Yudha English Gallery.
Ramatni, A., Anjely, F., Cahyono, D., Rambe, S., & Shobri, M. (2023). Proses Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif. 05(04).
Suhada, H. (2017). Model Pembelajaran Inquiry Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dasar.
Sutarningsih, N. L. (2022). Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 116.
Syaifuddin, & Iswara, A. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry Dengan Menggunakan Media MATLAB. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Widyastuti, F. P. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Inquiry Learning. Jurnal Kiprah, 6(1), 1–13.
Article Metrics
Abstract view : 62 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Irma Awaliyah Jamal, Hotimah Hotimah, Nur'Alfillailah Nur'Alfillailah
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/