Penerarapan Model Pembelajaran Problem Besed Learning pada Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Negeri Sudirman III
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i3.56860
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran yang selama ini digunakan berpusat pada guru sehingga membuat peserta didik tidak aktif saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 30 Pinrang dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah spiral dari C. Kemmis dan Mc Taggart. Prosedur penelitian menggunakan 2 setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian berupa butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T dan uji N-Gain. Hasil dari penelitian menunjukkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh pada hasil belajar peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 30 Pinrang melalui Problem Based Learning (PBL). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Implikasi penelitian ini memberi dampak pada suasana belajar yang aktif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta didik Kelas 3 Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.20
Febrita, I., & Harni. (2020). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Berfikir Kritis Peserta didik di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1619–1633. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/627
Jahro, S., & Ridho, D. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Exe Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Peserta didik Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(3), 80–86. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkim.v7i3.4261
Mulyanto, B. S., Sadono, T., Koeswanti, H. D., Dasar, S., Wonodoyo, N., Tengah, J., … Tengah, J. (2020). Evaluation of Critical Thinking Ability with Discovery Lerning Using Blended Learning Approach in Primary School. Journal of Educational Research and Evaluation, 9(2), 78–84. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jere.v9i2.46135
Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Suari, Ni, P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241–247. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138
Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348
Article Metrics
Abstract view : 61 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hana Zajidah, Andi Ihsan, Sukma Hutami Ningsih
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/