Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantu Gadget
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i3.52600
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaiman proses pembelajaran di kelas dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VI, dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VI. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah proses dengan melihat aktivitas guru dan peserta didik serta efek dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu gadget. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VI yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Data diperoleh melalui teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatit yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data hasil penelitian dari siklus I diperoleh data bahwa aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) masih tergolong kategori kurang, pada siklus II diperoleh data telah mencapai kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan yang baik pada proses belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 41 Barru.
Keywords: Keaktifan Belajar; Project Based Learning; Gadget;
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Jamaluddin, J. (2016). Minat belajar. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 8(2), 27-39.
Prawita, C. B. (2022). Literatur Review: Motivasi Belajar di Era Serba Digital: Array. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 456-463.
Purnawanto, A. T. (2019). Penerapan Metode Proyek dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Pedagogy, 12(2), 1-11.
Riyanto, H. Y. (2014). Paradigma Baru pembelajaran: Sebagai referensi bagi pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan berkualitas. Prenada Media.
Rizqiyana, A. F. (2018). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENUMBUHKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 NUNGGALREJO (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS LAMPUNG).
Rosyana, K. E., Riyadi, R., & Sriyanto, M. I. Analisis keaktifan belajar ditinjau dari gaya belajar peserta didik selama masa pandemi covid-19 pada peserta didik kelas V SDN Joho 01 tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1).
Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan peranan guru dalam proses peningkatan belajar mengajar. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 35-42.
Sembiring, Y. B. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI TP 2022/2023 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).
Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran: buku bacaan wajib dosen, guru dan calon pendidik. Pustaka Abadi.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas peserta didik kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).
Yuliani, E. (2020). Use of Gadgets With Preschool Developmental Disorders; Study Literature Review. Journal of Health, Education and Literacy (J-Healt), 3(1), 15-20.
Yustika, G., & Prihatnani, E. (2019). Peningkatan Hasil Dan Keaktifan Belajar Siswa Melalui NHT. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 481-493
Article Metrics
Abstract view : 52 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/