Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT)

siti zulaikha(1*),

(1) Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i3.52509

Abstract


Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku UPT SDN 097 Katokkoan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dan hasil belajar siswa. Adapun subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas  IV pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 29 orang. Pengumpulan data menggunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat berada pada kategori baik dan penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dalam pembelajaran tema 8 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.


Full Text:

PDF

References


Afandi, M. (2011). Cara Efektif Menulis Karya Ilmiah Seting Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar dan Umum. Bandung: Alfabeta

Afandi, Muhammad. & Chamalah, Evi. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Donny, Michael Pradana Subarjo., Wayan, Romi Sudhita., Made, Suarjana. 2014. Pengaruh Model Core Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V di Gugus I Nakula Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 2 (1): 2.

Gora, Winastwan & Sunarto. 2010. Pakematik: Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Huda, M.(2016). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniawan, N. 2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Deepublish.

Lefudin. 2014. Belajar dan Pembelajaran: Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Luh, Sri. 2022. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar ips siswa kelas VI SD. Jurnal Of Education Action Reasearch. Vol. 6. No. 2.

Rahmawati dam Vembriliya. (2017). Efektivitas Teams Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SD Laili. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(2), 81–84.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: PT Rajagrafindo Persada.

Rusyanto. 2021. TGT (Team Game Tournament) dalam Pembelajaran IPS. Jakarta: Penerbit NEM

Sani Ridwan Abdullah dkk, 2018. Penelitian Pendidikan. Tanggerang: Tira Smart.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sunardin. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS melalui Penerapan Model Project Based Learning Sunardin. Indonesian Educational Studies, 21(2), 116-122.V

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pjpgsd@unm.ac.id

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

 

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats


Web Analytics Web Analytics