Penerapan Model Pembelajaran Hands On Activity untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas II UPTD Sd Negeri 34 Barru
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i2.52440
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat tidaknya penerapan model pembelajaran Hands On Activity meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas II UPTD SDN 34 Barru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan model Hands On Activity dan hasil belajar tematik siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas II UPTD SDN 34 Barru yang aktif pada tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 19 siswa, 7 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil pembelajaran pada siklus I menunjukkan bahwa indikator keberhasilan belum tercapai dengan kategori cukup. Pada siklus II hasil pembelajaran telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori baik. Kesimpulan penelitian adalah penerapan model pembelajaran Hands On Activity dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik siswa kelas II UPTD SDN 34 Barru.
Full Text:
PDFReferences
Bujuri, D. A., & Baiti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar IPA Integratif Berbasis Pendekatan Kontekstual. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 184-197.
Fathir, M., & Sabrun, S. (2015). Penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity pada materi statistika untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1(2), 131-139.
Majid, Abdul. 2017. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Uki, R. S., Saehana, S., & Pasaribu, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran generatif berbasis hands-on activity pada materi fluida dinamis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Physics Communication, 1(2), 6-11.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2023 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Article Metrics
Abstract view : 76 times | PDF view : 16 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/