PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI KELAS VI
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v5i1.52178
Abstract
Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya kepercayaan diri peserta didik untuk mengemukakan pendapat dan mengajukan pertanyaan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik pada kelas VI SDN 045 Sidodadi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini dilihat dari (1) Penerapan Model Problem Based Learning. (2) Peningkatan rasa percaya diri peserta didik . Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru kelas dan 27 peserta didik Kelas VI SDN 045 Sidodadi. Rancangan tindakan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus masing masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning oleh guru dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berada pada kategori baik, untuk siklus I dan siklus II. Perkembangan rasa percaya diri peserta didik pada siklus I berada pada kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan kategori sangat baik. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Problem Based Learning telah meningkatkan rasa percaya diri peserta didik pada kelas VI SDN 045 Sidodadi.
Full Text:
PDFReferences
-----. 2016. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.
------. 2022. Permendikbud No. 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Usia Dini, jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
------. 2022. Permendikbud No.7 Tahun 2022 tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
------. 2017. Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Umairoh, Mutiara Alma. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Peserta didik kelas III Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Zain, A Dkk. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Article Metrics
Abstract view : 86 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/