Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV UPT SPF SD Inpres Baddoka Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar

Ifkah Reffiliani(1*), Khaerunnisa Khaerunnisa(2), Hikmawati Usman(3),

(1) PGSD Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini menelaah hasil belajar siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Baddoka Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah khususnya pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV UPT SPF SD Inpres Baddoka Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Fokus penelitian ini adalah penerapan model role playing dan hasil belajar siswa yang berupa tes akhir siklus. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I pertemuan 1 berada pada kategori kurang dan dan pada pertemuan 2 berada pada kategori cukup. Siklus II pada pertemuan 1 berada pada kategori cukup dan pertemuan 2 berada pada kategori baik. Hasil analisis observasi belajar siswa siklus I pertemuan 1 dan 2 berada pada kategori kurang dan siklus II pertemuan 1 dapat kategori cukup dan pada pertemuan 2 berada pada kategori baik. Hasil belajar siswa siklus I berada pada kategori kurang. Sedangkan hasil belajar siswa siklus II berada pada kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model role playing dapat meningatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV UPT SPF SD Inpres Baddoka Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. 

Full Text:

PDF

References


Kartini, Tien. 2007. Penggunaan model Role playing Untuk MeningkatkanMinat Siswa Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Kelas V (Online). Jurnal Pendidikan. Diakses Pada 12 Februari 2019.

Khairunnisa, Nabilah. 2018. Penerapan model Pembelajaran Role playing UntukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Skripsi. Makassar: Universitas NegeriMakassar.

Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Ni'mah, Khoirun. 2015. Penerapan model Pembelajaran Role Playing

UntukMeningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. (ONLINE). Skripsi. Kediri: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Diakses Pada 12 Februari 2019.

Nurhasanah, Ismawati. 2016. Penerapan model ROLE PLAYING Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya, (ONLINE). Jurnal. Diakses Pada 12 Februari 2019.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta:Diva Press.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2011. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana: 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Agendsindo.

Sugiyono, A. 2012. model Penelitian Pendidikan Pendekatan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 25 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats