Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng
(1) SD Negeri 35 Tajuncu
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v2i3.34919
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Experimental dengan prosedur penelitian pretest, treatment, dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng sebanyak 94 siswa sedangkan sampelnya adalah sebanyak 30 yang terdiri dari kelas eksperimen 20 siswa dan kelas kontrol 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment, dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji independent sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial atau uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng.
Kata Kunci: Metode Mind Mapping; Hasil Belajar; IPA
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir
Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1
Buzan, T. (2013). Buku Pintar mind Mapping. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Journal of Physics: Conference Series, 03(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-
/1321/2/022099
Octavianingrum, A., & Syofyan, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap
Hasil Belajar Ipa Kelas V Pada Materi Alat Pernapasan Makhluk Hidup. Jurnal Forum Ilmiah,
(2), 139–148.
Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu
Anak Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS,
(2), 304. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830
Qoyyimah, M., S. Kasiyun, M. T. H., & Ghufron, H. S. (2020). Pengaruh Metode Mind Mapping
Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Sekolah Dasar. Elementariy School 7 (2020) 233-239, 3,
–239. Retrieved from http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf
Saidah. (2016). Pengantar Pendidikan: Telaah Pendidikan Secara Global dan Nasional. Jakarta:
Rajawali Pers.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media.
Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Elex
Media Komputindo.
Virdiana, T., & Ramdani, A. S. (2018). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA
Tentang Gaya pada Siswa Kelas IV SDN Pondok Kopi 03 Pagi Jakarta Timur. Urnal Inovasi
Pendidikan MH. Thamrin, 2(2), 21–32.
Yuliani, S. H., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2020). Pengaruh Metode Mind Mapping Pada Daur
Hidup Di Kelas Empat. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 31–44.
https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.2071
Article Metrics
Abstract view : 83 times | PDF view : 25 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats