Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng

Helmi Helmi(1), Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien(2*), St Nursiah B(3),

(1) SD Negeri 35 Tajuncu
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Experimental dengan prosedur penelitian pretest, treatment, dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng sebanyak 94 siswa sedangkan sampelnya adalah sebanyak 30 yang terdiri dari kelas eksperimen 20 siswa dan kelas kontrol 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment, dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji independent sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial atau uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng.

Kata Kunci: Metode Mind Mapping; Hasil Belajar; IPA


Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1

Buzan, T. (2013). Buku Pintar mind Mapping. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Journal of Physics: Conference Series, 03(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-

/1321/2/022099

Octavianingrum, A., & Syofyan, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap

Hasil Belajar Ipa Kelas V Pada Materi Alat Pernapasan Makhluk Hidup. Jurnal Forum Ilmiah,

(2), 139–148.

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu

Anak Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS,

(2), 304. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830

Qoyyimah, M., S. Kasiyun, M. T. H., & Ghufron, H. S. (2020). Pengaruh Metode Mind Mapping

Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Sekolah Dasar. Elementariy School 7 (2020) 233-239, 3,

–239. Retrieved from http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Saidah. (2016). Pengantar Pendidikan: Telaah Pendidikan Secara Global dan Nasional. Jakarta:

Rajawali Pers.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media.

Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Elex

Media Komputindo.

Virdiana, T., & Ramdani, A. S. (2018). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA

Tentang Gaya pada Siswa Kelas IV SDN Pondok Kopi 03 Pagi Jakarta Timur. Urnal Inovasi

Pendidikan MH. Thamrin, 2(2), 21–32.

Yuliani, S. H., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2020). Pengaruh Metode Mind Mapping Pada Daur

Hidup Di Kelas Empat. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 31–44.

https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.2071


Article Metrics

Abstract view : 59 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats