Peningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar

Putri Nuryani(1*), Kamaruddin Hasan(2), Hairuddin Hairuddin(3),

(1) SD Negeri Kramat 2 Kota Magelang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Bisara
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Kramat 2 muatan pelajaran IPA. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kramat 2 dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 75 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal muatan pelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA, keaktifan siswa meningkat berdasarkan data observasi yang diperoleh dari observer. Kemudian hasil belajar siswa yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini juga mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 67,9. Setelah diterapkan model PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 77,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,4. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SDN Kramat 2. 

Kata kunci: IPA; hasil belajar; Project Based Learning


Full Text:

PDF

References


Ridwan Abdullah Sani. (2013). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16. Diakses pada laman http://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:F8nHOSZSmFUJ:schol ar.google.com/+nasution+2017+jurnal&hl=id&as_sdt=0,5 pada 20 Desember 2021

Shoimin, A. (68). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz media, 210.

Sudjana, N. 2012. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

Sufairoh, S. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 116-125.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2009). Evaluasi Pembelajaran IPA. Bandung: Jica UPI.


Article Metrics

Abstract view : 101 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats