Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Menggunakan Model Problem Based Learning

Hariati Hariati(1*), Zaid Zainal(2), Yusmira Yusmira(3),

(1) SD NEGERI 90 Lenrang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN Paccinang
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 90 Lenrang Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas desain dari Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri daru satu kali pertemuan dengan waktu pertemuannya adalah 2 x 35 menit, instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi instrumen tes dan non-tes. Intrumen tes yang berupa soal pilihan ganda digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Sedangkan instrument non-tes berupa lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa pada siklus I, siswa yang mendapatkan hasil belajar terendah yaitu 70 dan tertinggi 85 dengan skor rerata sebesar 73. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 72 dan nilai tertinggi 95 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 50% (kategori sedang) dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 75,0% (kategori tinggi). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 90 Lenrang Kabupaten Soppeng. 

Kata kunci: Hasil Belajar Siswa; Problem Based Learning; Siswa SD


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Depdiknas. (2003). UU RI No.20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Eggen, P. dan Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Fauni, Koeswati, & Radia. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan card sort siswa kelas lima. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 52-64. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.518.

Ilhaq, Wildan Iltizam. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Materi Pasar Sasaran Siswa Kelas X Pemasaran 2 SMK N 9 Semarang. Semarang: FE UNS.

Jihad, Asep., dan Haris, Abdul. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Press.

Kusuma, Yanti Yandri. (2020). Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basic Edu: Jurnal of Elementary Education, Vol 4, No 4. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753

Maharani, Desta .O., & Kristin F. (2017). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Wacana Akademika Majalah Ilmiah Pendidikan, 6 Juni hal 29.

Maret, Marsal., & Syarifuddin, Hendra. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(1), 2021, 106-112. DOI: 10.25273/jems.v9i1.8746.

Pandu, Leonardus Baskoro. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Komputer (KK6) di SMK N 2 Wonosari Yogyakarta. (Skripsi). Yogyakarta: FT UNY.

Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1–107.

Rahmadani, Normala. N. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelasa 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3, 249–250.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Penerbit Ghalia Indone.

Safrida, Mira., dan Kristian, Agus. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Jurnal Bina Gogik, Volume 7 No. 1, hal 53-65.

Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Kencana.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sudjana. (2014). Metode Statistika. Bandung: Tarsido.

Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Taufiq, Agus., Mikarsa, Hera L., Prianto, Puji L. (2011). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats