Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Di Kelas II UPT SDI 69 Kepulauan Selayar
(1) UPT SDI 69 KEPULAUAN SELAYAR
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Kakatua
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II pada UPT SDI 69 Kepulauan Selayar, Kecamatan Taka Bonerate Kabupaten Kepulauan Selayar yang masih cenderung pasif semenjak belajar di rumah akibat Pandemi Covid 19. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan objek penelitian adalah peserta didik kelas II UPT SDI 69 Kepulauan Selayar pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah, sekaligus mengembangkan kemampuan peserta didik secara aktif membangun pengetahuannya sendiri.
Kata Kunci: Problem based Learning; Aktivitas Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan model pembelajaran: Mengajarkan konten dan keterampilan berpikir. Jakarta, Indonesia: Indeks.
Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kamdi. (2007). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Muhson, A. (2009). Peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa melalui penerapan problem based learning.
Susanto, Ahmad. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.
Soesatyo, Y., Tjipto, W, S., Canda, N, S., Edwar, M., & Trisnawati, N. (2017). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Ekonomi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 162-178.
Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Article Metrics
Abstract view : 131 times | PDF view : 33 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats