Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNM
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNM
(3) Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i3.30970
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media gambar seri, gambaran kemampuan menulis cerita pendek siswa dan apakah ada pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental. Dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar, sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A berjumlah 32 siswa dan IV B berjumlah 32 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes dan Dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes kemampuan menulis cerita pendek berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji hipotesis menggunakan uji independent T-test. Hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai P = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIPI Kota Makassar.
Kata kunci : Media gambar seri, Kemampuan menulis cerita pendek
Full Text:
PDFReferences
Anisa, E. N. (2016). Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Menggunakan Media Gambar Berseri Siswa Kelas III SDN 147 Palembang. Skripsi.
Angkowo, R & A. Kosasih. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo
Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2019).Media Pembelajaran.Depok : PT Rajagrafindo Persada.
Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran.Banjarmasin: IAIN Antasari Press.
Subana & Sunarti. (2011). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung:Pustaka Setia.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Article Metrics
Abstract view : 58 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/