Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Melalui Penerapan Problem Based Learning Kelas IV Di SD Negeri 05 Lunang

Yendrawati Yendrawati(1*), Muhammad Amran(2), Bhakti Pandi Hasim(3),

(1) UPT SDN 05 LUNANG
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN SUDIRMAN III
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada tema tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 05 Lunang dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 3 Peduli terhadap makhluk hidup. Kemudian hasil belajar siswa yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini juga mengalami peningkatan tiap siklusnya. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa 69,8% dan pada siklus II meningkat menjadi 92,8%. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar Tema pada siswa kelas IV Semester I di SD Negeri 05 Lunang Kecamatan Lunang tahun pelajaran 2021/2022. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Ahmad. Dkk. (2015) Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Yatim. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenadamedia.

Arikunto, S., dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 2 (1). 94-104.

Fatkur, T. R., (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Elementary Education. 2(1), 36.-44.

Fauziah, D. N. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1 (1). 103-109.

Lisbiyaningrum, I., dkk. (2019). Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Elementary School. 6(2). 161-168, https://journal.upy.ac.id/index.php/es/search/authors/view?firstName=Ika%20Lisbiyaningrum%2C&middleName=Wulandari%2C&lastName=Wahyudi&affiliation=UKSW&country=ID

Pamungkas, A. D., dkk. (2018). Peningkatan Inquiry Learning Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (1), 287-2930.

Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pres.

Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 5 SD. Jartika: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. 1 (2), 99-108.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Utari, U., dkk. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. 1(1). 39-44.

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Jurnal Edcomtech, 1(2), 129-136, from https://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/ 1799.


Article Metrics

Abstract view : 52 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats