Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD

Guntur Guntur(1*), Zainal Zainal(2), Yusmira Yusmira(3),

(1) UPT SD Negeri 3 Bila
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN Paccinang
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi dengan subtema manfaat energi pada siswa kelas IV UPT SD Negeri 3 Bila. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 12 orang terdiri dari 3 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Prosedur penelitian yang digunakan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan pada 2 siklus. Data penelitian diperoleh dengan teknik observasi dan tes hasil belajar. Selanjutnya data tersebut dianalisis dan diolah secara kualitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dapat membuat pembelajaran lebih bermakna, siswa lebih aktif pada saat belajar, serta memberikan hasil belajar yang optimal. Hasil belajar pada siklus I mendapatkan nilai rerata 75,42 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 75%. Sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai rerata hasil belajar 82,92 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 100%. Keterlaksanaan pembelajaran dengan metode eksperimen pada siklus I adalah sebesar 81,8%, dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 100%. Dari data tersebut maka pembelajaran dengan metode eksperimen mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Bila tahun ajaran 2021/2022..

Kata kunci: Metode Eksperimen; Siswa SD; Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Depdikbud. (1993). Petunjuk Teknis Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Djamarah, S.B. dan Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurit, A., & Wati, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 2(2), 85-90. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.245.

Mahrusah, Siti. (2019). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kalibening Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Lampung: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Nurjanah, N., Haryanti, N., Prabowo, P., & Ariyanti, S. (2021). Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Sifat-Sifat Benda pada Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 103-114. Retrieved from https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpds/article/view/9.

Oma, O. (2021). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Pengaruh Gaya dalam Mengubah Gerak Suatu Benda. Pedagogiana: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(84). https://doi.org/10.47601/AJP.33.

Patmawati, Eka. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Purwanto, (2011), Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sagala, Syaiful. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Surur, Miftahus., & Urfi, Rike Nor Umamiyatil. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Index Card Macht untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X . Jurnal Edutama, Vol 4, No.2, 11-18.

Surya, Yenni Fitra. (2017). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 011 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Basicedu, Vol 1, No.1, hal 10-20.


Article Metrics

Abstract view : 117 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats