Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Bert. Kaluku Bodoa

St. Mardiah(1*), Ila Israwaty(2), Isman Isman(3),

(1) UPT SPF SD Inpres Kaluku Bodoa
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Percontohan PAM
(*) Corresponding Author



Abstract


Metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPT SD INPRES BERT. KALUKU BODOA. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V, UPT SPF SD Inpres Bert. Kaluku Bodoa Kota Makassar pada semester ganjil 2021/2022 yang berjumlah 10 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 90 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68,25 dengan KKM 70. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 100 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 86,5. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal dapat terlihat melalui perolehan nilai pada siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan pada siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar tematik peserta didik kelas V UPT SPF SD Inpres Bert. Kaluku Bodoa. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Asriningtyas, Nandhita, & Anugraheni. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM, 5(1), 23–32. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jkpm.5.1.2018.23-32

Asri, Budiningsih, C.2008. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta. BSNP.2006. Buku Panduan Penyusunan KTSP, Jakarta: BSNP.

Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 3 Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.20

Atmojo, S. E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kependidikan, 43(2), 134-143

Bungel, M. F. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu Pada Materi Prisma. Jurnal Elektronika Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 47-53.

Dayeni, Fitri, Sri Irawati, And Yennita Yennita. 2017. “Upaya Meningkatkan MotVasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning.” Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi 1 (1): 28–35. Https://Doi.Org/10.33369/Diklabio.1.1.28-35.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dewi, Sari, Sumarmi Sumarmi, And Ach Amirudin. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V Sdn Tangkil 01 Wlingi.” Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1 (3): 281–88.

Duch. 1995. Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Sejarah Indonesia.

Hanifah, N. (2016). Memahami Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: UPI Press.

Huda, Miftahul. (2013). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jahro, S., & Ridho, D. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Exe Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(3), 80–86. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkim.v7i3.4261

Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Muhson, A. (2009). Peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa melalui penerapan problem based learning. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39(2), 171 – 182.Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/212

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. (Edisi Kedua). Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman, 2008. Motivasi dalam pendidikan. Jakarta: Raja Gravindo Persada

Suari, Ni, P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241–247. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138

Sudjana, N. 2008.. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2008. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, M. U. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Warsono, H. &. (2014). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats