Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Kelas VI UPTD SD Inpres Salupangkang IV

Andi Tenri Tungka(1*), Ila Israwaty(2), Isman Isman(3),

(1) UPTD SD Inpres Salupangkang IV
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Percontohan PAM
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI UPTD SD Inpres Salupangkang IV. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI UPTD SD Inpres Salupangkang IV Kabupaten Mamuju Tengah sebanyak 8 peserta didik pada semester ganjil 2021/2022. Pemerolehan data berasal dari lembar hasil belajar peserta didik dan lembar observasi. Dalam penelitian ini menggunakan model Problem Based Learning (PBL) yang diterapkan dalam 2 siklus. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 52 dan nilai tertinggi 90. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 90. Ketuntasan secara klasikal  pada siklus I yaitu 50% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 100%. Adapun hasil penelitian ini adalah melalui penerapan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas VI UPTD SD Inpres Salupangkang IV.

Kata Kunci: Hasil Belajar; IPA; Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Eggen, Paul & Kauchak, Don. (2012). Strategi Dam Model Pembelajaran Mengajarkan Konten Dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27-35.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.

Fitri, N., Munzir, S., & Duskri, M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 59-67.

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2013). Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning).

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2014). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Riyanto. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 223 times | PDF view : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats