Penerapan Model Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 014 Sialang Kayu Batu

Lilis Purnama Sari(1*), Muhammad Amran(2), Bhakti Pandi Hasin(3),

(1) SD Negeri 014 Sialang Kayu Batu
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Sudirman III
(*) Corresponding Author



Abstract


Meningkatkan hasil belajar tema 3 pada siswa kelas VI SDN 014 Sialang Kayu Batu Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada bulan Oktober – bulan Desember 2021.Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI yang berjumlah 13 orang yang terdiri dari 7 siswa dan 6 siswi.Model pembelajaran Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata agar peserta didik dapat berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah. Tahapan dalam model pembelajaran Problem Based Learning adalah Orientasi peserta didik terhadap masalah, Mengorganisasikan peserta didik, Membimbing penyelidikan individu dan kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah,     Parameter dalam penelitian ini adalah aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.Instrumen penelitian terdiri dari perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan Penilaian.Dari hasil penelitian disimpulkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tema 3 pada siswa kelas VI SDN 014 Sialang Kayu Batu tahun pelajaran 2021/2022. 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning; tematik; Hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Muslich, Masnur. 2009. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta : Bumi Aksara.

Rasyid, Harun dan Mansyur. 2008. Penilaian Hasil belajar. Bandung: CV. Wacana Prima