Penerapan Model Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 014 Sialang Kayu Batu

Lilis Purnama Sari(1*), Muhammad Amran(2), Bhakti Pandi Hasin(3),

(1) SD Negeri 014 Sialang Kayu Batu
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Sudirman III
(*) Corresponding Author



Abstract


Meningkatkan hasil belajar tema 3 pada siswa kelas VI SDN 014 Sialang Kayu Batu Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada bulan Oktober – bulan Desember 2021.Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI yang berjumlah 13 orang yang terdiri dari 7 siswa dan 6 siswi.Model pembelajaran Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata agar peserta didik dapat berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah. Tahapan dalam model pembelajaran Problem Based Learning adalah Orientasi peserta didik terhadap masalah, Mengorganisasikan peserta didik, Membimbing penyelidikan individu dan kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah,     Parameter dalam penelitian ini adalah aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.Instrumen penelitian terdiri dari perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan Penilaian.Dari hasil penelitian disimpulkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tema 3 pada siswa kelas VI SDN 014 Sialang Kayu Batu tahun pelajaran 2021/2022. 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning; tematik; Hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Muslich, Masnur. 2009. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta : Bumi Aksara.

Rasyid, Harun dan Mansyur. 2008. Penilaian Hasil belajar. Bandung: CV. Wacana Prima

Rusyam,T, Kusdinar, A. Arifin. Z, 1992, Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Karya.

Baptiste, Sue. 2003. Problem-Based Learning: A self-directed journey. Thorofare: Slack Inc.

Sudjana, 2000, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung : Siswa baru Algensindo.

Sudjana, Nana. 2010, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (cet.XV). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyanto. 2007. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG): Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.

Sumartini, 2003. MPMS, Dalam Kinerja Sekolah Dan Kompetensi Guru, Makalah tidak diterbitkan.

Udin Syaefudin Sa’ud. (2009). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Usman, Uzer Moch,1991. Menjadi Guru Professional. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Sumarno, Alim. 2011. Pengertian Hasil Belajar, (http://elearning.unesa.ac.id/tag/teori-hasil-belajar-gagne-dan-driscoll-dalam-buku-apa).

Yamin Martinis (2013). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Press Group

Oakey, J. 1998. Project Based and Problem Based: The Same of Different?.Http://pblmm.k12.us/PBL guide/PBL&PjBL.html

Savery, John R. 2006. “Overview of Problem-based Learning: Deûnitions and Distinctions,” Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning: Vol. 1: Iss. 1, Article 3. Diakses dari: http://docs.lib.purdue.edu/ijpbl/vol1/iss1/3 pada 22 April 2010.


Article Metrics

Abstract view : 202 times | PDF view : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats