Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Contexstual Teaching and Learning di Kelas IV SDN 16 Surau Gadang

Resty Nova(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Rosdiana Ndau(3),

(1) SD NEGERI 16 SURAU GADANG
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD INPRES NIPA- NIPA MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan Pendekatan Contexstual Teaching and Learning (CTL). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 16 Surau Gadang dengan jumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan CTL dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Operasi Hitung Campuran. Kemudian hasil belajar siswa yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini juga mengalami peningkatan tiap siklusnya. Setelah diterapkan pendekatan CTL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa 49,16% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,87%. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV Semester I di SD Negeri 16 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo tahun pelajaran 2021/2022. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Contexstual Teaching dan Learning.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Kunandar. (2008). Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakata: PT. Raja Grafindo Persada.

Masnur Muslich. (2008). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi, dkk. (2003). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalime Guru. Jakarta : Rajawali Pers. PT. RAJA GRAVINDO PERSADA.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 79 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats