Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sitimulyo 01

Sumarlan Sumarlan(1*), Ahmad Syawaluddin(2), Muhammad Dahlan(3),

(1) SD Negeri Sitimulyo 01
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPFSD Negeri Kaccia Kab. Gowa
(*) Corresponding Author



Abstract


Rumusan masalah yang menjadi fokus perbaikan pembelajaran dalam penelitian ini adalah, “Apakah penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran 3 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Sitimulyo 01 Materi Menentukan Gagasan pokok dan gagasan pendukung ” Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gagasan pokok dan gagasan pendukung Teks visual. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari, Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Acting), Observasi (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Tahap Perencanaan (Planning) merupakan langkah pertama dalam penelitian dan merupakan acuan dalam melaksanakan tindakan. Hasil analisis data dan temuan yang diperoleh pada siklus I, dan II dapat ditarik kesimpulan penggunaan model pembelajaran PBL mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada pembelajaran sebelumnya nilai rata-rata 67,42. Setelah dilaksanakan perbaikan menjadi 87,54. Jumlah siswa yang tuntas sebelumnya 35,33% menjadi 85,55% diakhir perbaikan.

Kata Kunci: Problem Based learning; Mmodel pembelajaran; Hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Abdulloh, R. S. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019a). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765

Isman. (2017). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Jamil, S. (2014). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Khoeriyah, N., & Mawardi, M. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 63. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11444

Phungsuk, R., Viriyavejakul, C., & Ratanaolarn, T. (2017). Development of a problem-based learning model via a virtual learning environment. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 297–306. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2017.01.001

Şendaǧ, S., & Ferhan Odabaşi, H. (2009). Effects of an online problem based learning course on content knowledge acquisition and critical thinking skills. Computers and Education, 53(1), 132–141. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.01.008

Ulinnuha, R., Budi Waluya, S., & Rochmad, R. (2021). Creative Thinking Ability With Open-Ended Problems Based on Self-Efficacy in Gnomio Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(A), 20–25. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/34277

Wyness, L., & Dalton, F. (2018). The value of problem-based learning in learning for sustainability: Undergraduate accounting student perspectives. Journal of Accounting Education, 45, 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2018.09.001

Tamarli. 2017. Penggunaan Media Gambar dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn Materi Hak Azasi Manusia Kelas XI-2 SMA Negeri Suka Makmur Aceh Besar. Jurnal Serambi Ilmu, 18(1): 33-40

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 367 times | PDF view : 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats