Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN Tambangan 4

Hartati Hartati(1*), Muhammad Irfan(2), Kasau Kasau(3),

(1) SDN Tambangan 4
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Pertiwi Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya  hasil  belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN Tambangan 4, hal ini disebabkan karena guru lebih sering menggunakan metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan tindakan dua siklus pembelajaran dalam dua kali pertemuan. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi empat langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Kegiatan Siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2021 dengan hasil penelitian yang diperoleh data 50,00% langkah model pembelajaran terlaksana dengan baik, dan hasil belajar siswa juga baik. Kegiatan siklus kedua dilaksanakan pada tanggal 5 November 2021 dengan hasil penelitian yang lebih baik dari sebelumnya , hasil belajar siswa juga meningkat menjadi 85,71%. Dalam penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara bertahap di kelas V SDN Tambangan 4. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning yang diterapkan dengan baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Problem Based Learning; Hasil belajar; Tematik


Full Text:

PDF

References


Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusmono.(2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu. Bogor : Penerbit Ghalia Indone

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Menteri Pendidikan Nasional. Diakses pada tanggal 05 Maret 2016 dari :http://bsnp- indonesia.org/id/wpcontent/upl oads/isi/Permen_22_2006.pdf

Amir, T. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenadamedia.

Arikunto, S., dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Utari, U., dkk. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. 1(1). 39-44.


Article Metrics

Abstract view : 161 times | PDF view : 104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats