Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 148 Walanga Melalui Media Pawerpoint

Andi Perawati(1*), Widya Karmila Sari Achmad(2), Juliadi Juliadi(3),

(1) SD NEGERI 148 WALANGA
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres BTN IKIP I
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pembelajaran daring pada siswa kelas 1 SD Negeri 148 Walanga melalui media power point. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya  adalah siswa kelas 1 SD Negeri 148 Walanga  yang berjumlah 18 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan statistik deskripstif  kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari ketuntaasan KKM siswa pra tindakan dan setiap siklus yaitu pada pra tindakan sebesar 66,67%. Pada siklus 1 33,33% dan siklus 2 27,78%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari para tindakan sebesar 65, siklus 1 72,22 dan siklus 2 sebesar 82,78. Begitu juga motivasi siswa dari siklus 1 juga mengalami kenaikan pada siklus 2. Dari rata-rata siklus 1 sebesar 76,5 kategori cukup pada siklus 2 sebesar 87 kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring menggunakan media power point dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Motivasi; Hasil Belajar; Pembelajaran Daring; Powerpoint.


Full Text:

PDF

References


A.H Hujair Sanaky. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safira Insania Press

Arifin, Zainal. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatitf dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 71-76.

Prasetiawan, H., & Supriyanto, A. (2016). GUIDANCE AND COUNSELING COMPREHENSIF PROGRAM IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION BASED ON DEVELOPMENTAL TASK. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 3(3), 95-103.

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Riyana, Cepi. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Tangerang Selatan: UT

Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajawali Press

Solihatin, Etin. (2012). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksar

Susilana. (2007). Pengertian Media Powerpoint. Jakarta: Rineka Cipta

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Supriyanto, A., Hartini, S., Irdasari, W. N., Miftahul, A., Oktapiana, S., & Mumpuni, S. D. (2020). Teacher professional quality: Counselling services with technology in Pandemic Covid-19. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(2), 176-189.

Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64.

Wina Sanjaya. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Yusuf Bilfaqih dan M. Nur Qomarudin. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish


Article Metrics

Abstract view : 250 times | PDF view : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats