Peningkatan Hasil Belajar Tentang Sistem Pencernaan Manusia Melalui Puzzle Game Siswa Kelas V

Mei Kurniasih(1), Ahmad Syawaluddin(2*), Alphian Sahruddin(3),

(1) SD Negeri Bulusari 03
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Bawakareng 01
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi adanya kenyataan bahwa prestasi belajar siswa kelas V SDN Bulusari 03 dalam tema makanan sehat materi sistem pencernaan pada manusia masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN Bulusari 03 adalah pemahaman siswa tentang materi alat pencernaan manusia masih relatif kurang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah puzzle game dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang sistem pencernaan? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA tentang sistem pencernaan manusia melalui puzzle game. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Bulusari 03 Kecamatan Gandrungmangu yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes formatif yang dilakukan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif, selajutnya dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui ketercapaian KKM muatan pembelajaran IPA.Berdasarkan hasil tes formatif dari siklus I dan II didapatkan ketuntasan belajar siswa meningkat. Data awal menunjukkan siswa tuntas hanya 7 siswa ( 28% ). Pada siklus I terjadi peningkatan dari 25 siswa, 19 anak atau 76% yang sudah tuntas belajar, pada siklus II terjadi peningkatan dari 25 siswa, 23 siswa memperoleh nilai diatas 70 ke atas atau 92% sudah tuntas belajar. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran meningkat sebelum menggunakan puzzle game 28% menjadi 86% setelah menggunakan puzzle game system pencernaan manusia. Sarana untuk menindak lanjuti bahwa puzzle game telah mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sehingga hasil belajar meningkat. Namun perlu diperhatikan lagi tentang alokasi waktu, untuk itulah penelitian lebih lanjut harus memperhatikan waktu, untuk itu penelitian lebih lanjut diharapkan lebih memperhatikan masalah waktu untuk penerapan puzzle games.

Kata Kunci: Puzzle Game; Keaktifan; Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Anita, Sri. W. dkk. (2009). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dimyati dan Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar, R.Y. (2009). Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak Modren & Tradisional. Jakarta: Laskar Aksara.

Iskandar, R.Y. (2009). Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak Modren & Tradisional. Jakarta: Laskar Aksara

Kusnandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Press

Lukmanul, Hakim. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Prahana Pruna.

Mayke Sugianto. (1995), Bermain Mainan dan Permainan. Jakarta: Dikbud.

Mulyani Sumantri, Johar Pramana.(2001). Strategi Belajar Mengajar . Bandung: CV Maulan

Nasution, S. (2009). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta


Article Metrics

Abstract view : 235 times | PDF view : 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats