Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V SDN 235 Pongkeru

Syarifuddin Kappu(1*), Muhammad Amran(2), Syahrani Syahrani(3),

(1) SD Negeri 235 Pongkeru
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Unggulan BTN Pemda
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v2i3.30585

Abstract


Untuk meningkatkan kemandirin belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menerapan model PBL kelas V SDN 235 Pongkeru Kabupaten Luwu Timur tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan pada 20 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemandirian siswa pada pembelajaran tematik. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II berada kategori baik (B). hal ini berpengaruh pada peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, rata–rata pemerolehan siklus I berada pada kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II masuk pada kategori baik(B). 

Kata Kunci: Problem Based Learning, Sikap Kemandirian Siswa, Pembelajaran Tematik


Full Text:

PDF

References


Alben Ambarita. (2006). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Amir Taufik. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group.

Fitriono Yuli. (2015). Model PBL dengan Pendekatan PMRI Berpenilaian serupa PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4 (1), 57.

Murfiah U. (2017). Pembelajaran Terpadu Teori dan Praktik Terbaik di Sekolah. Bandung: Refika Aditama


Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pjpgsd@unm.ac.id

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats