Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas VI Melalui Media Bangun Ruang Dengan Model PBL
(1) SDN Temuroso 2
(2) PAI Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Nipa-nipa
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan media bangun ruang dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas 6 di SDN Temuroso 2 Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas 6 SDN Temuroso 2 yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 11 siswa laki laki. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian berdasarkan pada refleksi setiap siklus. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan media bangun ruang dan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ketercapaian ketuntasan hasil belajar siswa pra siklus adalah 31%, meningkat di siklus I menjadi 58%, kembali mengalami peningkatan di siklus II menjadi 88%. Nilai rata-rata terjadi peningkatan dai 61,53 pada pra siklus, naik menjadi 72,30 di siklus II. Sehingga kenaikan nilai tersebut sudah memenuhi standar KKM yang sudah ditentukan yaitu 65.
Kata kunci: Hasil Belajar Siswa; Problem Based Learning.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Zainal. (2004). Evaluasi Pengajaran. Padang: UNP
Darmansyah. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. UNP
Hamzah, Ali & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Press
Ruseffendi. (1996). Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud
Subyantoro. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Farishma Indonesia
Sukardi. (2014). Metodelogi Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Syah, Muhibbin. (2014). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Rosdakarya
Article Metrics
Abstract view : 1866 times | PDF view : 447 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats