Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas VI Melalui Media Bangun Ruang Dengan Model PBL

Asri Yulianti(1*), Lukman Ali(2), Rosdiana Ndau(3),

(1) SDN Temuroso 2
(2) PAI Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Nipa-nipa
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan media bangun ruang dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas 6 di SDN Temuroso 2 Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas 6 SDN Temuroso 2 yang berjumlah 26 siswa   yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 11 siswa laki laki. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian berdasarkan pada refleksi setiap siklus. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan media bangun ruang dan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ketercapaian ketuntasan hasil belajar siswa pra siklus adalah 31%, meningkat di siklus I menjadi 58%, kembali mengalami peningkatan di siklus II menjadi 88%. Nilai rata-rata terjadi peningkatan dai 61,53 pada pra siklus, naik menjadi 72,30 di siklus II. Sehingga kenaikan nilai tersebut sudah memenuhi standar KKM yang sudah ditentukan yaitu 65.

Kata kunci: Hasil Belajar Siswa; Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal. (2004). Evaluasi Pengajaran. Padang: UNP

Darmansyah. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. UNP

Hamzah, Ali & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Press

Ruseffendi. (1996). Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud