Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Media Powerpoint Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri 3 Pringgodani

Fibrianti Ika Wahyuni(1*), Muhammad Amran(2), Bhakti Pandi Hasin(3),

(1) SD Negeri 3 Pringgodani
(2) Universitas Negeri makassar
(3) UPT SPF SDN Sudirman III
(*) Corresponding Author



Abstract


Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas 3 SD Negeri 3 Pringgodani melalui media powerpoint. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas 3 SD Negeri 3 Pringgodani yang berjumlah 16 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan statistik deskripstif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari ketuntaasan KKM siswa pra tindakan dan setiap siklus yaitu pada pra tindakan sebesar 37,50%. Pada siklus 1 68,75% dan siklus 2 93,75%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra tindakan sebesar 60,63, siklus 1 74,38 dan siklus 2 sebesar 83,13. Begitu juga motivasi siswa dari siklus 1 juga mengalami kenaikan pada siklus 2. Dari rata-rata siklus 1 sebesar 76,5 kategori cukup pada siklus 2 sebesar 87 kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media power point dapat Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. 

Kata Kunci: Motivasi; Hasil Belajar; Media Powerpoint.


Full Text:

PDF

References


A.H Hujair Sanaky. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safira Insania Press Arifin, Zainal. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatitf dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta:

Mitra Cendikia Press

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 71-76.

Prasetiawan, H., & Supriyanto, A. (2016). Guidance and Counseling Comprehensif Program in Early Childhood Education Based on Developmental Task. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 3(3), 95-103.

Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 2 (1). 94-104.

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajawali Press Solihatin, Etin. (2012). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Susilana. (2007). Pengertian Media Powerpoint. Jakarta: Rineka Cipta

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64.

Wina Sanjaya. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group


Article Metrics

Abstract view : 673 times | PDF view : 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats