Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran PBL Pada Kelas II Di SD Negeri 127 Ujung Tanah
(1) SDN Negeri 127 Ujung Tanah
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran dengan menggunakan model PBL. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN 127 Ujung Tanah, tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan tes tertulis. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini tampak pada peningkatan nilai rata-rata ulangan dari kondisi awal belajar siswa sebesar 60,5 meningkat menjadi 71 pada siklus I dan terjadi peningkatan lagi sebanyak 89 pada siklus II.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning.
Full Text:
PDFReferences
Amir, T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta : Prenada Media Group
Depdiknas. (2006). Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.
Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Beroientasi Satndar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Beroientasi Satndar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Article Metrics
Abstract view : 46 times | PDF view : 16 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats