Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5S Di SD Aisyiyah Qurrota A’yun

Lina Maf'ula(1*), Nasrullah Nasrullah(2), Nur Aivi(3),

(1) SD Aisyiyah Qurrota A'yun
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN Kompleks IKIP I
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter  (PPK) melalui kegiatan 5S “Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun” terhadap peserta didik SD Aisyiyah Qurrota A’yun. Pendidikan merupakan unsur yang sangat penting dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia. Sekolah Dasar merupakan sebuah pondasi dalam pembentukan mental dan karakter generasi bangsa. Mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran secara tematik dalam mata pelajaran sesuai dengan isi kurikulum tidaklah serta merta dapat   dilakukan. Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan oleh guru. Guru harus menyiapkan perencanaan yang matang dan menyeluruh. Pemilihan materi pembelajaran yang dapat dintegrasikan dengan nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter tentu harus dilakukan dengan tepat, agar mampu tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. Kebutuhan dan karakteristik peserta didik juga sangat perlu dipertimbangkan dalam pengintegrasian nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter dalam kelas. Berdasarkan hal tersebut, jelaslah bahwa guru merupakan salah satu pembentuk karakter peserta didik di sekolah. Guru perlu menyampaikan dari kelima nilai utama Penguatan Pendidikan Karakter yang ditanamkan pada siswa, yaitu religiusitas, nasionalisme, mandiri, gotong royong dan integritas. 

Kata kunci: Penguatan Pendidikan Karakter, Senyum Salam Sapa Sopan dan Santun


Full Text:

PDF

References


Daniel Goleman. 1999. Emotional Intellegence, Terjemahan: T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kemdiknas. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilainilai Budaya untuk membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Lawrence E. Saphiro. 1998. Mengajarkan Emosional Intelligence Pada Anak, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lubis, Mochtar, 1997. Manusia Indonesia: Sebuah Pertangungjawaban, Jakarta: Idayu Press. Natasya,

Harun. 2012. Revitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Upaya Membangun Karakter Bangsa (Jurnal Pemikiran Islam; Vol.37, No.1Januari-Juni 2012)

Michele Borba. 2000. Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Puskur. 2012. Pengembangn pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Badan Litbang Kementrian Pendidikan Nasioanal.

Setianingsih. 2009. Peran Keluarga dalam Pendidikan Emosional Anak. https://insaniaku. files. wordpress. com/ 2009/06/5 .pdf. Diakses pada tanggal 8 Oktober 2016.

Sodiq A. Kuntoro. 2012. Konsep Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Sebagai dasar Pembentukan Karakter Bangsa. Makalah. Disampaikan pada Seminar Nasional Ilmu Pendidikan tanggal 11 Juli 2012 di Makassar.

Suhartoto, Suparlan. 2009. Filsafat Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit UNM.


Article Metrics

Abstract view : 654 times | PDF view : 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats