Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5S Di SD Aisyiyah Qurrota A’yun

Lina Maf'ula(1*), Nasrullah Nasrullah(2), Nur Aivi(3),

(1) SD Aisyiyah Qurrota A'yun
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN Kompleks IKIP I
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter  (PPK) melalui kegiatan 5S “Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun” terhadap peserta didik SD Aisyiyah Qurrota A’yun. Pendidikan merupakan unsur yang sangat penting dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia. Sekolah Dasar merupakan sebuah pondasi dalam pembentukan mental dan karakter generasi bangsa. Mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran secara tematik dalam mata pelajaran sesuai dengan isi kurikulum tidaklah serta merta dapat   dilakukan. Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan oleh guru. Guru harus menyiapkan perencanaan yang matang dan menyeluruh. Pemilihan materi pembelajaran yang dapat dintegrasikan dengan nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter tentu harus dilakukan dengan tepat, agar mampu tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. Kebutuhan dan karakteristik peserta didik juga sangat perlu dipertimbangkan dalam pengintegrasian nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter dalam kelas. Berdasarkan hal tersebut, jelaslah bahwa guru merupakan salah satu pembentuk karakter peserta didik di sekolah. Guru perlu menyampaikan dari kelima nilai utama Penguatan Pendidikan Karakter yang ditanamkan pada siswa, yaitu religiusitas, nasionalisme, mandiri, gotong royong dan integritas. 

Kata kunci: Penguatan Pendidikan Karakter, Senyum Salam Sapa Sopan dan Santun


Full Text:

PDF

References


Daniel Goleman. 1999. Emotional Intellegence, Terjemahan: T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kemdiknas. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilainilai Budaya untuk membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.