Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 1 Seboto

Widiantoro Widiantoro(1*), Musfirah Musfirah(2), Dwi Pita Reski(3),

(1) SD Negeri 1 Seboto
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) SD Negeri Bontocinde
(*) Corresponding Author



Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Seboto, Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali pada pembelajaran Tema 5 Materi Ekosistem subtema 1 Komponen Ekosistem menjadi latar belakang penelitian ini. Dimana Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Seboto dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Seboto dengan jumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan (KKM) Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan tiap siklusnya. hasil belajar diperoleh rata-rata pada pra siklus hanya sebesar 33,33%. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai meningkat menjadi sar 73,33% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Seboto tahun pelajaran 2021/2022. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning


Full Text:

PDF

References


Abdulloh, R. S. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum Jakarta: Bumi Aksara.

Amir, M. Taufiq.2008. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.

Arikunto, S., dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 2 (1). 94-104.

Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Di SDN Kauman 1 Malang Dan Sd Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Edutama, 3 (2), 31–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35

Phungsuk, R., Viriyavejakul, C., & Ratanaolarn, T. (2017). Development of a problem- based learning model via a virtual learning environment. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 297–306. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2017.01.001

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyanto. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13

Şendaǧ, S., & Ferhan Odabaşi, H. (2009). Effects of an online problem based learning course on content knowledge acquisition and critical thinking skills. Computers and Education, 53(1), 132–141. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.01.008

Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 5 SD. Jartika: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. 1 (2), 99-108.

Ulinnuha, R., Budi Waluya, S., & Rochmad, R. (2021). Creative Thinking Ability with Open-Ended Problems Based on Self-Efficacy in Gnomio Blended Learning.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Wyness, L., & Dalton, F. (2018). The value of problem-based learning in learning for sustainability: Undergraduate accounting student perspectives. Journal of Accounting Education, 45,1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2018.09.001


Article Metrics

Abstract view : 76 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats