Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Hidayati Ramli(1*), Syamsiah Djaga(2), Jumriah Jumriah(3),

(1) SDN 03 Simpang Rumbio Kota Solok
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam belajar agar siswa lebih bersemangat utuk mengikuti prose pembelajaran dan siswa tidak mudah jenuh sehingga  diharapkan nilainya juga meningkat, siswa akan terlibat secara fisik, emosional, dan intelektual, yang pada gilirannya diharapkan memahami pentingnya menjaga keseimbangan sumber daya laut pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 03 Simpang Rumbio, Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (a) ingin mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 03 Simpang Rumbio tentang pentingnya menjaga keseimbangan sumber daya laut dengan  diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan model problem based learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 03 Simpang Rumbio Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok Tahun Ajaran 2020/2021. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi aktivitas siswa selama kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa pemahaman dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu: pra siklus nilai rata-ratanya 65 % dengan ketuntasan (42%), siklus I nilai rata-rata 70,83 dengan ketuntasan (67%), dan siklus II nilai rata-rata 82,08 dengan ketuntasan (100%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model problem based learning dapat berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 03 Simpang Rumbio Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok serta model ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran IPA pada tema 4 sub tema 2 PB 1. 

Kata Kunci: Motivasi dan Hasil Beljar; Siswa SD; Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Agustin, V. N. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem based learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2 (1).

Kamarianto, K., Noviana, E., & Alpusari,M. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sd Negri 001 Kecamatan Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Bekti Wulandari (2017). Belajar & Pembelajaran "Berorientasi Standar Proses Pendidikan". Jakarta: Kencana.

Shaputri, Marhadi, Antosa. (2013). Model-Model Pembelajaran "Mengembangkan Profesionalisme Guru" Edisi Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wijayanti, Titik, 2012, Model-model Pembelajaran, Jakarta, PT Elex Media Komputindo


Article Metrics

Abstract view : 12 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats