Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI Di SD Negeri Kalikajar Wetan

Halimatus Andawiyah(1*), Muhammad Amran(2), Bhakti Pandi Hasin(3),

(1) SD Negeri Kalikajar Wetan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Sudirman III
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian  ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di SD Negeri Kalikajar Wetan melalui penerapan metode diskusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, metode tes, metode wawancara metode dokumentasi, dan metode angket kwisioner. Tekhnik pengambilan data melalui prasiklus, siklus I dan siklus II. Teknik Analisis data hasil penelitian perbaikan pembelajaran berupa data diskriptif kualitatif (angka) dan prosentase. Analisis data hasil belajar menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa. Pada tahap prasiklus hasil belajar siswa rata – rata 60,278. Sedangkan pada tahap siklus I hasil belajar siswa rata – rata 72,056. Dari prasiklus ke siklus I terdapat peningkatan hasil belajar siswa 11,778. Pada tahap siklus II hasil belajar siswa rata – rata 83,056. Dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa 11,00. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 14% dan dari siklus I ke siklus II 25%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan metode diskusi,hasil belajar siswa dapat meningkat. Oleh karena itu perlu dicobakan pada mata pelajaran yang sama dengan kelas yang berbeda, atau dapat dicobakan pada kelas yang sama namun pelajaran yang berbeda, bisa juga dicobakan pada pelajaran yang berbeda disekolah yaang berbeda pula. 

Kata kunci: Metode Diskusi; Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sumaji, (1998). Pengertian Pendidikan IPA dan Perkembangannya.

Wardhani, IGAK dan Kuswaya Wihardit. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka

Sudjana, (2004). Problem Basid learning Terhadap Hasil Belajar. Jakarta : Universitas Terbuka

Piaget, (2009). karakteristik anak usia SD.

Surya Moh, (1975).Diskusi Kelompok. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Roestiyah N.K, (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Trianto, (2007). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Prenada Media

Muhibbin Syah, (2000). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung Remaja Rosdakarya

Moedjiono. (2000). Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya


Article Metrics

Abstract view : 720 times | PDF view : 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats