Implementasi Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas Lima Siswa Sekolah Dasar

Sri Andari(1*), Hamzah Pagarra(2), Abdul Rahim(3),

(1) SD Negeri Donorejo 1 Karangtengah
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning untuk memperbaiki proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Tempat pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SD Negeri Donorejo 1 tahun ajaran 2021-2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5. Instrumen penelitian yang digunakan adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang didapat adalah peserta didik kurang responsive dan kurangnya persiapan sehingga terdapat beberapa kendala. Sarana dan prasarana pendukunng yang ada di sekolah, pendidik, dan peserta didik sangat mempengaruhi keberhasilan proses belajar. 

Kata kunci: Problem Based Learning; matematika; hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Amir, T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di era pengetahuan. Kencana. Jakarta

BSNP. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Depdiknas. Jakarta

BSNP. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Depdiknas. Jakarta

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Raja Wali Pers. Jakarta.

Lado, H., Muhseno, G., Sisworo. (2016). Penggunaan Media Bungkus Rokok Untuk Memahamkan Konsep Barisan dan Deret Melalui Pendekatan RME, Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(1), 1-9.

Mujahida, Rus’an. (2019). Analisis perbandingan Teacher Centered dan Learner Centered, Journal of Pedagogy, 2(2), 323-331.

Pratiwi, Dyah. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar iswa Kelas IV Muatan IPA Tentang Morfologi Tumbuhan di SD Tarakan Bumijo Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Pratiwi, Wida Gian dkk. (2014). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Materi Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Saraswati Tabanan.

Sawab, Baqiyatus. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Mathla’ul Anwar Sindang Sari Lampung Selatan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Safitri, Ngatiatun dkk. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita.

Sanjaya. W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2008). Metode Peneltian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta. Bandung. Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Supatmono. Catur. (2002). Matematika Asyik. Grasindo. Jakarta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.Prestasi Pustaka.

Yasa, P.A.E.M., Bhoke, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SD, Journal of Education Technologi, 2(2), 70-75.


Article Metrics

Abstract view : 248 times | PDF view : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats