Peningkatan Hasil Belajar Dalam Membuat Pantun dengan Metode Project Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri Sukorejo I

Eka Siti Noerhidayati(1*), Latri Aras(2), Muhammad Fitri(3),

(1) SD Negeri Sukorejo I Kec. Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres BTN Ikip II Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kurangnya pemahaman dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran Tema 4, sehingga perlu ditunjang motivasi dan pemahaman siswa terhadap pelajaran Tema 4. Masih kurangnya hasil belajar siswa dikarenakan pembelajaran oleh guru yang masih monoton dan hanya berceramah saja menimbulkan kejenuhan sehingga pembelajaran tidak bermakna bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Pada siklus I direncanakan dua pertemuan, dan siklus II direncanakan dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah pengambilan skor observasi pada waktu proses pembelajaran dan skor hasil belajar dalam bentuk soal evaluasi pada akhir pembelajaran. Teknik analisis data     Pada Siklus I hasil nilai siswa masih rendah yaitu 50% siswa tidak dapat mencapai KKM (12 siswa dari 24 siswa mendapatkan nilai dibawah 70). Pada siklus II semua siswa mampu mencapai KKM yaitu sebanyak 19 siswa mendapat hasil diatas 70, bahkan banyak yang mendapatkan nilai memuaskan. Maka pembelajaran pada siklus II dikatakan berhasil 79%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sangat berpengaruh atau dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 4 Materi Pantun di Kelas V semester I di SD Negeri Sukorejo, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: Metode Project Based Learning; Hasil Belajar Siswa; Pantun.


Full Text:

PDF

References


Darmadi, Kaswan. 2008. Bahasa Indonesia untuk SD dan MI kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Djuanda, Dadan. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Pembelajaran. Bandung: UPI PRESS.

Fitriyah, Erna. 2010. Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Sesuai Dengan Syarat Syarat Pantun Siswa Kelas VII MTs Al Hidayah Malang dengan Men ggunakan Daftar Kosakata. Malang: PBSD UNM. Diambil dari http://library.um.ac.id. Tanggal 31 Januari 2021.

Hatimah, Ihat dkk. 2006. Penelitian Pendidikan. Bandung: UPI PRESS.

Hermawan Ruswandi dkk. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS.

Kosasih, E. 2008. Khazanah Sastra Melayu Klasik. Jakarta: Nobel Edumedia. Moeslichatun. 1999. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta. Moeliono, Anton M. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Natawidjaya Rohman. 1992. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Oemar Hamalik. 2007. Proses Belajar Men gajar. http://i.d.shoving.com/social – sciences/education/2046047-pengertian-definisi-hasil-belajar-dari/#ixzz1nybDw6aU.diambil pada 1 September 2021.

Resmini, Novi dkk. 2006. Membaca dan Menulis di SD: Teori dan Pen gajarannya. Bandung: UPI PRESS.

Roeswigijanto, Adi. 2009. “Peningkatan Kemampuan Membuat Pantun Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Men ggunakan Permainan Kartu Kalimat Siswa Kelas V MIN I Malang”.Malang: UNM PRESS. Diambil dari http://library.um.ac.id. Tanggal 31 Januari 2021.

Saleh, Chasimar. 1988. Pedoman Guru Bidang Pen gembangan Daya Cipta di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdikbud.

Setyaningsih, Yuyun. (2008). “Pen ggunaan Alat Metode Project Based Learning Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Siswa Kelas I SDN Ternyang 02 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang”.Malang: UNM PRESS. Diambil dari http://library.um.ac.id. Tanggal 31 Januari 2021.

Siswati. 2011. “Peningkatan Keterampilan Membaca permulaan Melalui Metode Project Based Learning Tipe Index Card Match Pada Siswa Kelas I SD Negeri Kutasari 05 Tahun Pelajaran 2010/2011”.Surakarta: UNS PRESS. Diambil dari http://digilib.fkip.uns.ac.id. Tanggal 31 Januari 2021.

Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo. Suhardjono. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumantri, Mulyani dan Johar Permana. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suyatno. 2010. Teknik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. Surabaya: Penerbit SIC.


Article Metrics

Abstract view : 1397 times | PDF view : 523 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats