Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas 2 SDN Centre Mangalli

Nurbaya Mansyur(1*), Latri Aras(2), Taslim Tawil(3),

(1) SDN CENTRE MANGALLI
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Perumnas IV
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Kelas2 di SDN Centre Mangalli Kabupaten Gowa dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan tes tertulis. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas 2 SDN Centre Mangalli Kabupaten Gowa. Terdapat peningkatan nilai dari Siklus I hingga Siklus III. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning; Penelitian Tindakan Kelas.


Full Text:

PDF

References


Ainun, S. (2021). Hubungan Pengelolaan Kelas dan Lingkungan Sekolah dengan Minat Belajar Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Pinisi Journal Of Art, Humanity & Sosial Studies. Hal 2.

Arends, R. I. and Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning : Becoming an accomplished teacher. Oxon : Routledge.

Asril, Z. (2017). Micro Teaching,Disertai Dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. PT.Raja Grafindo Persada.

Azwar, Saifuddin. (1996). Tes Prestasi, Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Oktavia, Taufina. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Studi Literatur). Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.

Suharsini, Arikunto. (1995). Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Suharsini, Arikunto. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats