Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD Negeri Supiturang

Citra Dwi Asmoro(1*), Muhammad Irfan(2), Kasau Kasau(3),

(1) SD Negeri Supiturang 01
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Pertiwi Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Hasil observasi terhadap siswa kelas V SDN Supiturang 01 Kecamatan Pronojiwo  tahun pelajaran 2020/2021 menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada saat ulangan harian/formatif yang dilakukan peneliti hanya 37 % (hanya  7 siswa yang mencapai KKM dari jumlah siswa sebanyak 19 anak). Berdasarkan hasil observasi, maka tujuan penelitian ini adalah: “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning”. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen, Teknik analisis data deskriptif kualitatif.). Hasil observasi siswa pada siklus I mencapai 47 (rendah) dan pada siklus II mencapai 84 (Tinggi). Setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan. Pada persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I tuntas dengan persentase 47 % (Rendah) dan mengalami peningkatan persentase sebesar 84% (Tinggi) pada siklus II.  Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran problem based learning yang dterapkan dengan baik dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa kelas V SD.

Kata Kunci: Problem Based Learning; Hasil Belajar;


Full Text:

PDF

References


Amir, M. T. (2015). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning.Jakarta: Prenadamedia Group.

Arikunto, S., dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Anggarayanthi, L. A., Suniasih, N. W., & Suara, I. M. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil belajar IPA Tema Ekosistem Siswa Kelas VA SDN 12 Padang Sambian. E-Journal: Universitas Pendidikan Ganesha.

Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 5 SD. Jartika: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. 1 (2), 99-108.

Republik Indonesia. (2003). Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Republik Indonesia. (2016). Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisitk. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Pamungkas, A. D., dkk. (2018). Peningkatan Inquiry Learning Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (1), 287-293


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats