Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model PBL Pada Siswa Kelas 4 Di SD Negeri 3 Bangunsari

Tri Wahyuni(1*), Nurhaedah Arifin(2), Rosdiana Ndau(3),

(1) SD Negeri 3 Bangunsari
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Nipa-Nipa Kota Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan model Problem Based Learning. Metode penelitian ini mengacu pada Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 4 semester 1 SD Negeri 3 Bangunsari pada tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 16 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Adapun data dianalisis menggunakan analisis diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis pada masing-masing siklus dari hasil evaluasi terhadap siswa setelah menerapkan model PBL dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa yang terlihat nilai rata-rata siswa pada pratindakan adalah 63,75 dengan presentase ketuntasan sebesar 37,5% menjadi 78 dan presentase ketuntasan sebesar 87,5% pada siklus II. Dengan demikian penggunaan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning.

 


Full Text:

PDF

References


Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Hadikusumo, Kunaryo, dkk, 1996. Pengantar Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Idris, Zahara. 1992. Pengantar Pendidikan. Jakarta. Gramedia

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Arikunto, S., dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Pamungkas, A. D., dkk. (2018). Peningkatan Inquiry Learning Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (1), 287-293


Article Metrics

Abstract view : 105 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats