Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model PBL Pada Siswa Kelas 4 Di SD Negeri 3 Bangunsari

Tri Wahyuni(1*), Nurhaedah Arifin(2), Rosdiana Ndau(3),

(1) SD Negeri 3 Bangunsari
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Nipa-Nipa Kota Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v2i3.30543

Abstract


Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan model Problem Based Learning. Metode penelitian ini mengacu pada Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 4 semester 1 SD Negeri 3 Bangunsari pada tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 16 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Adapun data dianalisis menggunakan analisis diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis pada masing-masing siklus dari hasil evaluasi terhadap siswa setelah menerapkan model PBL dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa yang terlihat nilai rata-rata siswa pada pratindakan adalah 63,75 dengan presentase ketuntasan sebesar 37,5% menjadi 78 dan presentase ketuntasan sebesar 87,5% pada siklus II. Dengan demikian penggunaan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning.

 


Full Text:

PDF

References


Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Hadikusumo, Kunaryo, dkk, 1996. Pengantar Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Idris, Zahara. 1992. Pengantar Pendidikan. Jakarta. Gramedia

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Arikunto, S., dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Pamungkas, A. D., dkk. (2018). Peningkatan Inquiry Learning Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (1), 287-293


Article Metrics

Abstract view : 191 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pjpgsd@unm.ac.id

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats